Terombang-ambing di tengah laut, ikan talang tolong Sunan Drajat

27 Juni 2015 14:04 © 2015 merdeka.com

Raden Qasim atau Sunan Drajat memutuskan untuk berdakwah di Tanah Jawa setelah sebelumnya berguru pada ayahnya yang tak lain adalah Sunan Ampel. Dia juga ingin mengikuti jejak kakaknya, yaitu Sunan Bonang yang sudah terlebih dahulu menyebarkan agama Islam di pesisir wilayah barat Jawa.

Maka berangkatlah Raden Qosim ke barat. Dia memilih untuk menggunakan transportasi laut seperti kebanyakan orang pada zaman itu.

Dalam perjalanan, Allah mengujinya. Langit mendadak gelap, guntur saling bersahutan, hujan turun begitu lebat. Perahu Raden Qosim diombang-ambingkan. Di tengah laut perahunya diterpa badai. Hingga akhirnya perahunya hancur.

"Waktu itu Sunan Drajat mengapung dibantu welah (dayung)," kata juru kunci makam Sunan Drajat, Yahya saat ditemui di komplek Makam Sunan Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Senin (1/6).

Tiba-tiba datanglah segerombol ikan talang. Ikan ini dikenal oleh para pemancing susah ditaklukkan. Sebab dia terus memberontak dan mementalkan diri ke permukaan air, lalu masuk ke dalam air lagi. Namun kali itu ikan ini menunjukkan perilaku yang berbeda.

"Sambil mengapung, ikan-ikan itu mendorong Sunan Drajat ke pesisir pantai," tuturnya.

Ikan tersebut telah berjasa tinggi menyelamatkan Sunan Drajat. Oleh karena itu, Sunan Drajat berharap masyarakat menghormati ikan itu dengan tidak mengonsumsinya.

Ketika sampai di daratan tepatnya di Desa Jelag yang sekarang disebut Desa Banjarwat, Kecamatan Paciran, beberapa tokoh penting setempat menghampiri Sunan Drajat. Tokoh tersebut ialah Mbah Banjar dan Mbah Mayang Madu. Kemudian bercerita lah Sunan Drajat mengenai siapa dirinya dan keinginannya untuk menyebarkan ajaran Islam di pesisir barat dari Surabaya.

Selain itu, masyarakat setempat juga sangat antusias dengan kedatangan Sunan Drajat. Mereka heran dan takjub dengan cerita Sunan Drajat yang diselamatkan oleh ikan talang. Akhirnya semakin banyak orang terpukau dengan cerita Sunan Drajat dan berniat menjadi muridnya.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU