Ini keistimewaan Jumat dibanding hari lain

16 Juni 2017 10:00 © 2017 merdeka.com

Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim. Karena pada hari tersebut terdapat peristiwa-peristiwa besar yang tidak terjadi di hari lainnya. Misalnya saja Nabi Adam diciptakan oleh Allah pada hari Jumat.

Pada hari Jumat juga Nabi Adam dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Bahkan hari kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Namun selain peristiwa yang disebutkan tadi, ada pula keistimewaan dari hari Jumat ini, seperti dikutip dari buku Superberkah Shalat Jumat: Menggali dan Meraih Keutamaan dan Keberkahan di Hari Paling Istimewa tulisan Firdaus Wajdi & Lutfi Arif.

1. Waktu mustajab dikabulkannya doa

Jika seorang muslim berdoa di hari Jumat maka dengan kehendak Allah SWT akan dikabulkan. Sama dengan pada bulan Ramadan ini, setiap doa akan diijabah oleh Allah. Oleh karena itu gunakan kesempatan berdoa dengan khusyuk pada hari Jumat di bulan Ramadan. Karena dua waktu ini paling mustajab dikabulkannya doa.

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang pada waktu itu seorang muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya. Dan rentang waktu itu cukup singkat," kata Rasulullah.

2. Ganjaran kebaikan dilipatgandakan

Sama seperti bulan Ramadan, seorang muslim yang melakukan kebaikan di hari Jumat akan diberikan pahala berlipat.

"Pada hari Jumat, kebaikan dilipatgandakan," kata Rasulullah.

Misalnya, dalam hal sedekah. Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan.

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biki yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah:216).

3. Hari raya mingguan

Suatu keistimewan yang diberikan Allah SWT khusus kepada umat muslim ialah hari Jumat yang dijadikan sebagai 'hari raya'. Ketetapan ini langsung diberikan oleh Allah.

"Hari raya yang Allah jadikan (berikan) kepada kaum muslimin. Maka, orang yang melaksanakan salat Jumat hendaknya mandi. Sekiranya ia memiliki minyak wangi maka hendaknya memakainya. Dan bersiwaklah," sabda Rasulullah.

4. Hari khusus umat Islam yang disebutkan dalam Alquran

Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al Jumu'ah [62]:9).

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU