Apakah mendapat pahala anak kecil ikut berpuasa?

15 Juni 2017 08:00 © 2017 merdeka.com

Salah satu rukun puasa adalah akil baligh. Untuk wanita tanda akil baligh ialah dengan datangnya menstruasi atau darah kotor setiap bulan. Sedangkan untuk anak laki-laki ditandai dengan mimpi basah atau mimpi berhubungan badan.

Sehingga orang yang sudah mencapai akil baligh diwajibkan untuk berpuasa. Maka apabila dia tidak melaksanakannya akan berdosa dan mendapat pahala saat menjalankannya. Kendati begitu, bukan berarti para orangtua tidak memperkenalkan apa itu puasa terhadap anak-anak yang belum akil baligh.

Hendaknya sedini mungkin anak sudah diajarkan berpuasa agar mengetahui ajaran agama. Selain itu, supaya bisa merasakan betapa beratnya orang kurang mampu ketika harus menahan lapar dan haus.

Lalu apakah mendapat pahala ketika anak yang belum akil baligh berpuasa?

Ustaz Syamsul Arifin Nababan pendiri pondok pesantren mualaf An Nabba Center menuturkan, anak belum akil baligh berpuasa tetap mendapatkan pahala meski dia belum diwajibkan. "Anak kecil berpuasa mendapatkan pahala," kata ustaz Nababan kepada merdeka.com, Rabu (14/6).

Bahkan pahala bukan cuma buat si anak, menurut ustaz Nababan pahala itu juga diperuntukkan orangtuanya. "Orangtua juga mendapatkan pahala," ucapnya.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU