Allah bakal hadiahkan bidadari bagi orang yang bisa menahan amarah

13 Juni 2016 10:11 © 2016 merdeka.com

Setiap orang pasti pernah mengalami marah. Karena rasa marah atau emosi terkadang sulit untuk ditahan. Padahal memelihara amarah merupakan sifat tercela.

Allah sendiri tidak menyukai orang-orang yang menyimpan rasa marah. Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang- orang uang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang- orang yang berbuat kebajikan,". (QS. Ali Imran: 134).

Sebagai manusia biasa, memang tidak mudah untuk menahan amarah. Terlebih lagi penyebab kemarahan datang akibat kesalahan dari orang yang dipercaya. Tak jarang karena marah menimbulkan perkelahian atau melukai seseorang.

Seharusnya sebagai orang taat kepada Allah bisa menahan nafsu marah. Menahan marah bakal menciptakan akhlak baik. Menahan marah bukan berarti orang lemah, tapi terdapat jiwa sabar dan bersih sehingga dapat memaafkan kesalahan orang lain.

"Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidam lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah". (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Mungkin hanya segelintir orang yang bisa menahan hawa nafsu untuk menahan amarah. Padahal jika bisa melakukan hal itu, di akhirat nanti Allah menjanjikan bidadari surga bermata jeli.

"Barang siapa menahan kemarahannya padahal dia mampu melampiaskannya maka Allah Taala akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya,". (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU