Kesabaran Nabi Ayyub diuji Allah dari harta hilang hingga anak wafat

3 Juni 2017 18:00 © 2017 merdeka.com

Nabi Ayyub AS merupakan seorang hamba Allah yang taat beribadah dan berdakwah di Mesir. Ia mempunyai banyak harta kekayaan, binatang ternak dan lahan perkebunan. Iblis mengatakan kepada Allah, Ayyub rajin ibadah karena dia hidup dalam kesenangan.

Maka Allah pun memberikan ujian keimanan Nabi Ayyub AS dengan dengan menghilangkan harta yang dimilikinya.

"Wahai Ayyub, lihatlah Allah SWT sudah mengambil semua kekayaanmu, buat apa kamu terus beribadah seharusnya kamu marah," kata Iblis, menggoda Nabi Ayyub dikutip dari buku Kisah Teladan Menakjubkan 25 Nabi dan Rasul tulisan Lisdy Rahayu.

Tapi Nabi Ayyub menjawab bahwa semua harta miliknya hanya titipan dari Allah. Lantas semua diambil kembali oleh Allah karena Dia lah sang pemilik sesungguhnya. Setelah itu untuk menguji kesabaran dan keimanan Nabi Ayyub lagi, Allah SWT menimpakan bencana yang menyebabkan anak-anaknya meninggal. Nabi Ayyub pun menjawab pernyataan yang sama kepada iblis.

Tak sampai disitu, Allah SWT kemudian memberinya ujian berupa penyakit. Seluruh badan Nabi Ayyub menjadi gatal, koreng yang mengeluarkan bau tidak sedap sehingga dia dijauhi oleh orang-orang. Nabi Ayyub kemudian mengungsi bersama istrinya Rahma, yang setia dan sabar merawatnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mereka menjual perhiasan yang dimilikinya karena Nabi Ayyub hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Hingga pada akhirnya iblis menggoda Rahma, yang membuat dia meninggalkan Nabi Ayyub. Nabi Ayyub merasa sedih dan berdoa kepada Allah SWT memohon kesembuhan.

"Hentakkanlah kakimu ke tanah" perintah Allah.

Nabi Ayyub lalu melakukannya sehingga muncullah air dari dalam tanah. Atas perintah Allah, Nabi Ayyub mandi dengan air tersebut. Penyakit yang selama bertahun-tahun diderita sembuh. Istrinya pun datang kembali dan menyesali telah meninggalkan Nabi Ayyub. Nabi Ayyub memaafkan dan mereka hidup bahagia serta kembali berdakwah.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU