Bencinya Abu Jahal kepada Rasulullah sampai melarang salat

14 Juni 2016 12:34 © 2016 merdeka.com

Abu Jahal dikenal sebagai orang yang sangat membenci Rasulullah SAW. Dia sering klai menyakiti Rasulullah dengan perkataannya dan bangga dengan semua kejahatannya.

"Dan ia tidak mau membenarkan (Rasul dan Alquran) dan tidak mau mengerjakan salat,". (QS al Qiyamah [75]: 31-35).

Dikutip dari buku The Great Story of Muhammad, Abu Jahal selalu mencegah Rasul saat akan melaksanakan salat, sejak pertama kali melihat Beliau melakukannya di Masjid Al Haram. Suatu hari, dia melewati Nabi SAW sedang melakukan salat di sisi makam Ibrahim. Abu Jahal berkata, "Wahai Muhammad! Bukankah telah aku larang engkau melakukan ini?". Dia mengancam dan membentak Rasulullah.

"Wahai Muhammad! Dengan apa engkau akan mengancamku?. Demi Allah! Bukankah aku adalah orang yang paling banyak memanggil (berdoa) di lembah ini (Makkah)?".

Dua ayat kemudian turun, "Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya). (QS al Alaq [96]: 17).

Dikisahkan, bahwa Rasulullah memegang kerah baju Abu Jahal dan mengguncang-guncangkan tubuhnya sambil membacakan ayat, "Kemudian kecelakaanlah bagimu dan kecelakan lah bagimu,".

Namun, setelah mendapat ancaman itu Abu Jahal tetap mengolok-olok Nabi SAW. Pernah saat Nabi salat kemudian sujud cukup lama. Laki-laki jahat itu mengangkat kakinya untuk menginjak tubuh Rasulullah yang sedang sujud.

Akan tetapi belum sempat melakukannya, tiba-tiba Abu Jahal berlari ketakutan. Lalu dia ditanya oleh temannya alasan lari tersebut, "Aku melihat antara aku dan Muhammad dipisah oleh parit yang seandainya aku mendekat, niscaya akan terbakar,".

Itulah salah satu mukjizat dari Allah untuk menguatkan Nabi SAW. Allah tidak akan pernah rela kekasih Nya direndahkan.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU