Kisah Abdullah anak Umar bin Khattab periwayat hadis terbanyak

20 Juni 2017 16:00 © 2017 merdeka.com

Abdullah bin Umar dilahirkan tiga tahun setelah Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul. Abdullah ialah putra Umar bin Khattab. Dia masuk Islam bersama ayahnya saat masih kecil.

Masa muda Abdullah bin Umar dipenuhi semangat Islam. Dia dididik oleh ayahnya dalam kedisiplinan dan ketaatan kepada agama. Pada usia 13 tahun, dia sangat ingin menyertai ayahnya dalam Perang Badar. Akan tetapi Rasulullah tidak mengizinkan lantaran usianya masih terlalu muda. Baru ketika usianya mencapai 15 tahun dia mengikuti Perang Khandaq.

Sejak saat itulah Abdullah bin Umar selalu menyertai Rasulullah dalam menentang musuh Islam. Dikutip dari buku Kisah Seru 60 Sahabat Rasul tulisan Ummu Akbar mengisahkan bahwa, bersama para sahabat Rasulullah yang lain Abdullah bin Umar mengembangkan dakwah Islam ke Mesopotamia, Persia dan Mesir.

Abdullah bin Umar ialah sahabat Rasulullah yang dikenal sebagai periwayat hadis terbanyak kedua setelah Abu Hurairah yakni sebanyak 2.630 hadis. Abdullah bin Umar dapat meriwayatkan banyak hadis karena dia senantiasa menghadiri majelis ilmu dan mengikuti Rasulullah.

Dia selalu mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah dalam keseharian. Oleh karena itu Abdullah bin Umar menjadi orang yang disegani dan dihormati. Bahkan, pujian terhadap Abdullah dan Umar datang dari orang-orang saleh.

"Tidak ada di antara kami yang disenangi dunia dan dunia senang kepadanya, kecuali Umar dan putranya Abdullah," puji Jabir bin Abdillah.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU