Usai libur lebaran, sekitar 5.000 pendatang serbu Tangerang Selatan

8 Juli 2017 11:56 © 2017 merdeka.com

Pemkot mencatat setidaknya 5.000 pendatang baru geruduk Tangerang Sekatan usai libur lebaran. Umumnya, pendatang non permanen ini tinggal di Tangsel untuk bekerja dan berdagang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangsel, Toto Sudarto, menyebutkan, pendatang baru non permanen yang tiba di Tangsel pasca libur lebaran kemarin, adalah para pencari rejeki.

"Mereka mencari rejeki sebagai pedagang, buruh, PRT, guru, atau profesi lain," ucap Toto, Sabtu (8/7).

Dia memperkirakan, jumlah pendatang non permanen yang datang pasca libur lebaran kemarin sebanyak 2 sampai 5 ribuan jiwa.

"Tahun ini perkirakan 2 sampai 5 ribu orang pendatang baru, tak jauh beda rasio pendatang dengan jumlah penduduk pendatang musiman yang ke Jakarta pasca lebaran," terangnya.

Diapun mengakui, jumlah penduduk pindahan dari Kota atau Kabupaten lain ke Kota Tangsel kian tumbuh, dari data miliknya, jumlah pemohon KTP Tangsel untuk penduduk pindah domisili jauh lebih besar dibanding jumlah pendudukan yang keluar domisili Tangsel.

"Dirata-ratakan setiap bulan mencapi 500 orang penduduk pindah domisilinya ke Tangsel, yang keluar tangsel lebih sedikit, tak sampai setengahnya," tandas dia.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU