Selama Ramadan, Menag minta media massa jaga kondusifitas Ramadan

5 Juni 2016 19:39 © 2016 merdeka.com

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta setiap pihak untuk menjaga agar suasana bulan Ramadan agar kondusif. Hal itu ditujukan kepada pengelola tempat hiburan malam, media massa, hingga pengguna media sosial.

"Pengelola tempat hiburan, media massa, baik cetak elektronik, baik pengguna media sosial, admin program siaran selama Ramadan bisa dibuat sedemikian rupa agar kondusif menjaga suasana," kata Lukman Hakim usai menyampaikan hasil sidang isbat di Kemendag, Minggu (5/6).

Sebelumnya, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1437 H jatuh pada 6 Juni 2016. Penetapan itu dilakukan setelah Kemenag mendapatkan laporan penampakan hilal dari 93 petugas dari 93 wilayah di Indonesia.

Hal ini setelah dilaporkan hisab dengan posisi hilal sekitar pukul 10.00 WIB berada di 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit di seluruh tanah air. Dari sisi rukyat dari 6 wilayah yaitu Belu di NTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro semua telah melihat hilal.

"Atas dasar perhitungan hisab dan laporan petugas yang melihat hilal, menyepakati kita sudah masuk Ramadan, maka kemudian secara mufakat disepakati puasa 1 Ramadan 1437 H akan dimulai besok hari Senin tanggal 6 juni 2016," pungkas Lukman Hakim.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU