Pemerintah klaim pengelolaan mudik 2017 berhasil

6 Juli 2017 18:10 © 2017 merdeka.com

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menilai pengelolaan mudik tahun 2017 sangat berhasil. Menurutnya, masyarakat juga menyambut dengan baik terkait penanganan mudik tahun ini.

"Kami pantau sentimen publik cukup positif. Pengelolaan mudik kemarin sangat berhasil," katanya di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/7).

Teten menyebut ada sedikitnya 19 juta warga yang mudik tahun 2017. Mereka menggunakan jalur darat, laut, dan udara.

Kendati banyak pemudik, angka kecelakaan menurun dari tahun sebelumnya. Sebagaimana data yang diperoleh dari Polda Metro Jaya, pada Operasi Ramadniya 2017 terjadi 93 kecelakaan lalu lintas menurun dari tahun 2016 lalu yakni capai 126 kecelakaan.

Selain menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, terjadi juga penurunan angka percaloan yang signifikan mendekati 0. "Menurun juga pemudik yang mengalami sakit selama liburan," sambung Teten.

Menurut pria kelahiran Garut, Jawa Barat ini, prestasi tersebut diraih berkat kerja Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Polri.

Di lokasi yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan suksesnya pengelolaan mudik 2017 tidak lepas dari arahan Presiden Joko Widodo. Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) jelang lebaran menegaskan sejumlah lembaga dan kementerian harus saling berkoordinasi dan mengelola mudik tanpa ego sektoral.

"Ini yang buat kami semangat, kompak dan melakukan kegiatan bahu membahu," kata Budi.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU