Kalimat Alhamdulillah bisa jadi penyelamat di Hari Kiamat

7 Juni 2016 17:35 © 2016 merdeka.com

Alhamdulillah kalimat Tahmid yang artinya segala puji bagi Allah. Alhamdulillah sering diucapkan ketika sedang bersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah.

Allah akan melebihkan pahala kepada hambanya yang membaca Alhamdulillah dengan sepenuh jiwa. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah menyaring empat kalimat. Yaitu Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar. Barang siapa membaca 'Subhanallah' maka dua puluh kebaikan ditetapkan baginya, dan dua puluh keburukan dihapus darinya. Barang siapa membaca 'Allahu Akbar' maka seperti itu. Barang siapa membaca 'La Ilaha Illallah' maka seperti itu. Dan barang siapa membaca Al-Hamdulillah Rabbil 'Alamin dari dirinya sendiri, maka tiga puluh kebaikan ditetapkan untuknya, dan tiga puluh kesalahan dihapus darinya,". (HR Abu Hurairah dan Abu Sa'id).

Alhamdulillah merupakan pujian yang sempurna untuk Allah SWT. Karena Allah memiliki nama-nama paling indah (al-asma al-husna) dan sifat-sifat tinggi.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada kenikmatan yang Allah berikan kepada seseorang hamba kemudian dia berkata alhamdulillah, kecuali pemberiannya lebih baik dari pada yang diambil. Ucapan alhamdulillah memenuhi satu timbangan, subhanallah dan alhamdulillah memenuhi antara langit dan bumi,".

Alhamdulillah merupakan salah satu kalimat yang menjadi tameng umat muslim dari neraka. Pada hari kiamat, empat kalimat (Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar) akan datang sebagai penyelamat dan pemandu bagi pembacanya.

Apabila seorang umat muslim mengucapkan 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin' yang dipanjatkan kepada Allah SWT, dia termasuk yang mewakili sejumlah orang di sekelilingnya.

Ucapan tersebut merupakan bentuk rasa syukur kita karena telah diselamatkan oleh Allah dan dibimbing serta diberikan taufik oleh Allah SWT.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU

Kiswah pertama penutup Kakbah

7 Juni 2016 15:44