Inisiatif UKP, Menko PMK beri apresiasi penyelenggara Lebaran 2017

1 Agustus 2017 19:07 © 2017 merdeka.com

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menyerahkan piagam Penghargaan Prestasi Penyelenggara Lebaran 2017, 1 Syawal 1438 H kepada menteri/lembaga pemerintah serta BUMN yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan Lebaran 2017. Pemberian apresiasi merupakan inisiasi dari Unit Kerja Presiden (UKP) Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Penanganan mudik Lebaran 1438 H menjadi momentum yang berharga bagi pemerintah untuk memperlihatkan capaian positif yang terasa dan menyentuh langsung masyarakat. Penanganan di tahun 2017 dirasakan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dengan jumlah pemudik yang lebih banyak dari tahun 2016," ujar Puan di Jakarta, Selasa (1/8).

Menurutnya, penyelenggaraan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya karena sudah mulai dilakukan sejak perencanaan, pengecekan kesiapan infrastruktur jalan dan penyiapan manajemen. Kemudian rekayasa lalu lintas operasional di lapangan, pengecekan kesiapan sarana angkutan, dan penyiapan fasilitas pendukung seperti kesiapan lokasi istirahat, pos kesehatan dan ketersediaan BBM.

"Pihak pemerintah telah bekerja keras dan berkomitmen meningkatkan sarana dan prasarana transportasi dalam arus mudik Lebaran 2017. Berbagai strategi yang dilakukan diantaranya pilihan jalur mudik diperbanyak, pembangunan parking bay, flyover dan tol fungsional Trans Jawa dan Trans Sumatera," jelas Puan.

Selain itu koordinasi yang intensif dengan para stakeholder, ramp check, pelayanan posko kesehatan terpadu, dan fasilitas lainnya.

Sementara Kepala UKP PIP, Yudi Latief mengatakan kegiatan Apresiasi Prestasi Penyelenggara Lebaran 2017, 1 Syawal 1438 H bertujuan untuk memberikan apresiasi atas keberhasilan dalam pengamanan, pengendalian, dan kelancaran dalam penyelenggara lebaran 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 15 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan aktif dalam penyelenggaraan Lebaran 2017 lalu.

"Acara hari ini ingin mengapresiasi kinerja positif aparatur Negara dan masyarakat yang telah menunjukan semangat gotong royong. Penghargaan serupa akan diberikan secara berkala dan diharapkan dapat bergandengan tangan dengan Pokja Revolusi Mental," harap Yudi.

Kementerian/Lembaga serta BUMN yang mendapat apresiasi antara lain Kementerian Perhubungan, Kepolisian RI, Kementerian Perdagangan, Kemeterian PUPR, Kemeterian Ketenagakerjaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Kominfo, PT. Pertamian Persero, PT. PLN Persero, PT. Jasa Marga, PT. ASDP, dan Perum Bulog.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU