Catatan Menhub Budi soal penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran 2017

3 Juli 2017 19:04 © 2017 merdeka.com

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberikan beberapa catatan terkait gelaran angkutan mudik tahun ini. Secara umum, pengaturan arus mudik tahun ini cukup baik meski terdapat sejumlah hal harus dibenahi.

Menteri Budi mencatat di moda transportasi udara mengalami kenaikan jumlah penumpang. Ini dimaknainya sebagai tanda bahwa pelayanan di sektor transportasi udara makin membaik

"Peningkatan moda transportasi udara melampaui 10 persen. Ada kemampuan operator pengelola bandara, tapi juga ekonomi masyarakat juga baik," ungkapnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (3/7).

Di sektor angkutan laut, Menteri Budi mengaku belum maksimal. Guna meningkatkan pelayanan, tahun depan, perbaikan akan dimulai dari pelayanan moda transportasi laut jarak pendek.

"Transportasi laut, belum begitu maksimal. Karena berkaitan dengan jarak jauh dan waktu lama. Tapi jarak pendek kita akan tingkatkan. Yang kita tes kapal Jakarta-Semarang, untuk kapasitas 20.000 bisa sampai 80 persen diisi," katanya.

Selain itu, dia pun merasa perlu melakukan berbagai pembenahan di moda transportasi darat. Seperti meningkatkan jumlah bus laik jalan, mengajak masyarakat untuk tidak lagi mudik dengan sepeda motor, juga meningkatkan layanan kereta.

Menteri Budi tak lupa mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dengan perannya masing-masing sehingga mudik tahun ini dapat berjalan dengan cukup baik.

"Yang penting apresiasi para stakeholder, kita lihat mudik sebagai suatu uji coba pembuktian, bagaimana arus yang besar diatur dengan sarana prasarana yang ada. Tentunya kita akan terus lakukan improve," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU